ads

Minggu, 04 Desember 2011

situs minak gulung, menggala lampung



Minak Gulung adalah seorang tokoh masyarakat lampung yang memiliki pengaruh di Tulang Bawang khususnya di desa tiuh toho {kampung tua}. Tokoh Minak Gulung pada cerita yang dituturkan oeh nara sumber. mulai dikenal oleh masyarakat tulang bawang yaitu dari jiwa kepahlawananya. Yaitu pada peristiwa peperanagan yang disebabkan para penguasa cina yang ingin memiliki sumber daya alam yang kaya dan tempat yang stategis. Jadi pada masa itu para serdadu dari cina yang membawa kapal dan memiliki tujuan untuk dapat menguasai tulang bawang. Pada saat itu tokoh minak gulung hanya sendiri untuk dapat mengalahkan seluruh serdadi cina dengan sendiri tanpa prajurit. Dan korban dari pembantaian yang dilakukan oleh Minak gulung tersebut dikumpulkan menjadi satu yang tempatnya sekarang disebut sebagai Pulau Daging.
Kehidupan pada masa itu sudah mengenal sistem perkampuangan yaitu pada masa dahulu perkampungan tertua di daerah tulang bawang salah satunya adalah Tiuh Tuho yang artinya (kampung tua ). Peniggalan-peninggalan yang dapat dilihat sekarang adalah sebuah tempat pemakaman Minak gulung yang terdapat di kampung Tiuh Tuho. Ditempat tersebut terdapat petilasan makam dan tempat lainya yang dipercayai oleh masyarakat sebagai tempat dari Minak Gulung.
Peninggalan yang terdapat disana adalah :
1. makam petilasan dari Tokoh Pahlawan Minak Gulung.
2. Rumah Tua, yaitu rumah yang pada masa dulu telah ada di dekat makam minak gulung. Rumah tersebut terbuat asli dari tanaman tanaman seperti : rotan, bambu, kayu lama, dan rumput rumput lama sebagai atapnya.
3. Pohon Besar, disana terdapat pohon besar yang telah berumur puluhan tahun yang lalu, mengapa dikatakan demikian bahwa sekelompok peneliti dari universitas di jakarta pernah mencoba meneliti pohon tersebut tetapi tidak diketemukan d. Tetapi juru kunci makam tersebut mengatakan bahwa anak dari pohon tersebut yang tumbuh dari akar pohon besar tumbuh pada tahun 1987 sampai sekarang pohon tersebut masih berukuran 50 cm.
Ditempat itu juga terdapat sumur yang dianggap sumur suci dimana sumur tersebut telah ada sejak lama. Banyak pengunjung yang selalu datang untuk berziarah dan membasuh muka dengan air sumur tersebut.  Tempat-tempat yang terdapat di Makam Peninggalan Minak Gulung tersebut terdapat tempat sebagai berikut: terdapat mushola, terdapat tempat pondokan bagi kaum laki-laki, terdapat pondokan bagi kaum perempuan dan juga terdapat tempat beristirahat dan tempat untuk makan.
Pada hari Jum’at di pemakaman Minak Gulung ramai dikunjungi oleh masyarakat tulang bawang yang memiliki tujuan berziarah dan berdoa demi untuk dapat berhasil dalam usaha maupun dalam pekerjaanya, dalam hal ini pengunjung tidak diharuskan untuk membawa sesuatu sebagai syarat dari berziarahnya tersebut.
Sistem perekonomian pada masa itu menurut penuturan nara sumber bahwa di desa tersebut telah mengenal pertanian yaitu penanaman padi,singkong dan perkebunan buah-buahan. Letak suatu makam pada zaman dahulu selalu berdekatan dengan aluran sungai.
       
Narasumber dalam hal ini menyatakan bahwa mereka tidak bisa menjelaskan Minak Gulung sebagai raja ataupaun yang sebagainya karena sampai saaat inipun sejarah tentang silsilah raja di tulang bawang belim diketemukan jadi nara sumber hanya menyatakan bahwa Tokoh Minak Gulung hanya sebagai Tokoh yang memiliki kekuatan yang kekuatanya tersebut digunakan untuk menyelamatkan Tulang Bawang dari gangguan dari daerah luar yang ingin menguasai daerah tulang bawang pada saat itu. Tempat yang terawat sebagai cabaing situs budaya yang masih di kenal dan dikinjungi oleh mastarakat tulang bawang adalah makam petilasan Minak Gulung. 

4 komentar:

  1. izin nyimak dan copas ya untuk makalah :) makasih .

    BalasHapus
  2. saya keturunan orang lampung menggala dari kakek saya berasal dari pagar dewa. saya belum pernah ke makam menak gulung, tapi saya pernah bermimpi mengunjungi makam beliau saya melihat situasi nya persis apa yang saya liat dalam mimpi. mohon petunjuknya apa saya ini masih keturunan minak gulung .... ??
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Yang saya kenalakukan saat ini ada STAN Yunani Pasewaratu dan anaknya Sodri Pesiwaratu turunan dari Ratu sebuai

    BalasHapus
  4. saya anak keturunan orang lampung yg kedelapan..... jadi kalu bukan asli orang lanmpung jangan sok tau...

    BalasHapus